Selasa, 05 Mei 2015

Sistem Eksresi pada Manusia

LEMBAR KERJA SISWA

JUDUL                                              : Sistem Eksresi pada Manusia
KOMPETENSI DASAR                 :
1.9 Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem     ekskresi dan mengaitkannya dengan proses ekskresi sehingga dapat menjelaskan mekanisme serta gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada sistem ekskresi manusia melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi.
1.10 Menyajikan hasil analisis tentang kelainan pada struktur dan fungsi organ yang menyebabkan gangguan sistem ekskresi manusia melalui berbagai bentuk media presentasi.
TUJUAN PEMBELAJARAN        :  1. Siswa mampu menggambarkan struktur kulit sebagai alat ekskresi keringat berdasarkan literatur.
2. Siswa mampu mengaitkan struktur dengan fungsi kulit sebagai alat ekskresi keringat berdasarkan literatur.
3. Siswa mampu mendeskripsikan proses hubungan kerja antara hipotalamus dan kelenjar keringat berdasarkan literatur.
            A. Topik I
                        Sistem Ekskresi pada Kulit
            Kulit terdiri dari dua lapis, paling luar disebut epidermis tersusun dari epithelium, skuamosa bergaris, dan lapisan di bawahnya disebut dermis tersusun dari jaringan ikat tidak beraturan. Kedua lapisan tersebut berlekatan dengan erat. Tepat di bawah dermis terdapat lapisan hipodermis atau fasia superfisial yang terutama tersususn dari jaringan adiposa yang bukan bagian kulit.
            B. Sub Topik
                        Struktur, fungsi,dan proses Ekskresi pada Kulit
            C. Alat dan Bahan
                        1. Alat             : Alat tulis
                        2. Bahan          : Handout tentang Sistem Ekskresi pada Manusia.
                                                  Lembar Kerja Siswa
            D. Tabel Pengamatan
                        Struktur Kulit
k


            E. Diskusi
1.      Berdasarkan tabel Struktur Kulit, sebutkan bagian-bagian dari epidermis, dermis, hypodermis/ jaringan subkutan pada kulit!
a.       Epidermis
Epidermis merupakan lapisan kulit yang terluar, terdiri dari lapisan sel yang telah mati yang disebut juga lapisan tanduk.  Fungsi epidermis adalah sebagai sawar pelindung terhadap bakteri, iritasi kimia, alergi dan lain-lain.
Epidermis dapat dibagi menjadi 5 lapisan :
  • Stratum corneum (lapisan tanduk).
Stratum corneum merupakan lapisan kulit yang paling luar.  Stratum korneum paling tebal pada telapak kaki dan paling tipis pada pelupuk mata, pipi dan dahi. Lapisan ini tersusun atas sel-sel mati yang mudah mengelupas.
  • Stratum lucidum (daerah rintangan).
Lapisan ini berwarna terang dan hanya nampak pada lapisan kulit yang tebal. Hanya terlihat pada telapak kaki dan telapak tangan.
  • Stratum granulosum (lapisan seperti butir).
Lapisan ini menggandung sel-sel bergranula yang menghambar pengeluaran air berlebih. Stratum granulosum berpartisipasi aktif  dalam proses keratinisasi, hanya mekanismenya belum diketahui jelas.
  • Stratum spinosum (lapisan sel duri).
Stratum spinosum (stratum malpighi) terdiri dari beberapa lapis sel yang berbentuk poligonal yang besarnya berbeda-beda karena adanya proses mitosis. Lapisan ini adalah lapisan paling tebal di epidermis.
  • Stratum germinativum (lapisan sel basal).
Lapisan ini selalu tumbuh dan membelah, lapisan ini banyak ditemukan sel melanosit yang menghasilkan pigmen melanin yang menentukan warna kulit seseorang.

b.      Dermis
Dermis memiliki ketebalan 3-5 mm, merupakan anyaman serabut kolagen dan elastin yang bertanggung jawab untuk sifat-sifat penting dari kulit.  Dermis mengandung pembuluh darah, pembuluh limfe, gelembung rambut, kelenjar lemak (sebasea), kelenjar keringat, otot dan serabut saraf.
  • Kelenjar Keringat (Glandula Sudorifera)
Kelenjar ini berfungsi mengeluarkan keringat melalui saluran keringat yang bermuara di pori-pori kulit.
  • Kelenjar Minyak ( Glandula Sebasea)
Kelenjar minyak berfungsi menghasilkan minyak (sebum). Minyak yang dikeluarkan berfungsi untuk melumasi kulit dan membuat rambut tidak kering.
  • Kantong Rambut
Di dalam kantong rambut terdapat akar rambut dan batang rambut. Kantong rambut dilengkapi dengan otot penegak rambut. Pada saat udara dingin, otot rambut berkontraksi yang menyebabkan tegaknya batang rambut.
  • Pembuluh Kapiler Darah
Pembuluh kapiler darah berfungsi mengedarkan zat-zat makanan yang diperlukan untuk pertumbuhan rambut dan sel-sel kulit.
  • Ujung-Ujung Saraf Penerima Rangsang
Ujung-Ujung saraf penerima rangsang meliputi :
a) Pacini : Tekanan
b) Ruffini : Panas
c) Krause : dingin
d) Meissener : sentuhan

c.       Hypodermis/ jaringan subkutan
Lapisan Hipodermis (Jaringan ikat bawah kulit terletak di bawah kulit jangat)
Di dalam lapisan ini terdapat lemak yang berfungsi untuk cadangan makanan, menahan panas tubuh, melindungi tubuh bagian dalam terhadap benturan dari luar.
a) Alat pengeluaran keringat.
b) Tempat pembentukan vitamin D dari provitamin D dengan bantuan sinar matahari.
c) Tempat penyimpanan kelebihan lemak.
d) Melindungi tubuh terhadap kuman dari luar.
e) Alat peraba, di ujung kulit terdapat saraf indra yang dapat merasakan kasar dan halus.
f) Alat perasa dingin, panas, nyeri, pedih, dan lain-lain
Image

2.      Bagian kulit manakah yang mengeluarkan keringat?
Keringat merupakan salah satu hasil dari sistem ekskresi dimana keringat adalah air yang dikeluarkan oleh kelenjar keringat pada kulit mamalia termasuk manusia. Kandungan utama keringat adalah natrium klorida (NaCl / garam dapur). Keringat dikeluarkan untuk mengatur suhu tubuh. Keringat keluar saat kita melakukan kerja berat (olahraga) atau saat kita gugup dan gelisah.
Keringat dihasilkan melalui kelenjar keringat. Manusia memiliki sekitar 3 juta kelenjar keringat. Kelenjar keringat dapat ditemukan di lapisan dermis yaitu lapisan yang berada di luar kulit. Kelenjar keringat tidak ada di bibir. kulit yang mengeluarkan air keringat adalah kelenjar keringat.



3.      Mengapa saat berolahraga/ beraktivitas/ berada dalam lingkungan yang panas tubuh mengeluarkan keringat? Jelaskan proses terjadinya keringat!
Manusia memiliki 3 juta kelenjar keringat. Kelenjar keringat dapat ditemukan di dermis, dekat permukaan luar kulit. Kebanyakan terdapat di telapak tangan dan kaki, dan tidak terdapat di bibir. Dengan aktivitas fisik yang berat dalam suhu hangat sampai panas, kelenjar akan mengeluarkan sekitar 2 liter keringat lebih banyak dari biasanya.
Bila suhu tubuh kita meningkat atau suhu udara di lingkungan kita tinggi, pembuluh-pembuluh darah di kulit akan melebar. Hal ini mengakibatkan banyak darah yang mengalir ke daerah tersebut. Karena pangkal kelenjar keringat berhubungan dengan pembuluh darah maka terjadilah penyerapan air, garam dan sedikit urea oleh kelenjar keringat. Kemudian air bersama larutannya keluar melalui pori-pori yang merupakan ujung dari kelenjar keringat. Keringat yang keluar membawa panas tubuh, sehingga sangat penting untuk menjaga agar suhu tubuh tetap normal.

4.      Berikan contoh penyakit pada kulit!

macam penyakit kulit dan penyebanya. 
Kanker Kulit
Penyebab Kanker kulit adalah pertumbuhan sel kanker yang tidak terkontrol didalam jaringan kulit. jika tidak diobati, sel sel aknker ini akan menyebar ke organ lain seperti kelenjar getah bening, tulang, jaringan lunak, dan lain lain. kanker kulit adalah jenis kanker yang paling dominan didunia.


http://www.healthline.com/hlcmsresource/images/topic_centers/skin-disorders/194x105_acne_3.jpg
Jerawat
Penyebab penyakit jerawat adalah terhalangnya pori pori pada tubuh oleh minyak, kulit mati, dan atau bakteri. Setiap pori-pori di kulit kita terdapat folikel, folikel ini terbuat dari rambut dan kelenjar minyak. Kelenjar minyak mengeluarkan sebum, yang berjalan melewati rambut/bulu, keluar melalui pori pori dan berakhir di kulit. Sebum membuat kulit lembab dan lembut, jika anda menderita penyakit Jerawat, mungkin saja terjadi gangguan pada proses ini. Hal hal yang paling sering menyebabkan jeawat adalah

  • Terlalu banyak sebum yang dihasilkan kelenjar minyak kulit
  • sel kulit mati yang bertumpuk di pori pori
  • bakteri telah tumbuh berkembang di pori pori


Eksim
Badan yang meradang dan iritasi adalah bentuk dari ciri-ciri eksim. Eksim sama seperti penyait lainnya yaitu gatal-gatal. Eksim bisa disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya setelah memegang sabun ternyata tangan terasa gatal. Gejala yang timbul pada kulit bervariasi, ada yang terasa gatal ringan dan ada juga yang merasaan panas. Jika penderita terasa kulitnya semakin gatal dan tingkat kestersan terhadap gatal tersebut akan menghasilkan penyakit eksim semakin buruk.

Ada beberapa cara bisa dilakukan sebagai bahan pengobatan. Misalnya salap dan krim yang mengandung kortikosteroid seperti hydrokortison bisa mengurangi proses inflamasi atau keradangan. 


http://www.healthline.com/hlcmsresource/images/topic_centers/skin-disorders/194x105_Vitiligo_7.jpg
Vitiligo
Vitiligo adalah kondisi ketika kita kehilangan pigmen kulit. Pigment bertanggung jawab terhadap warna kulit dan diproduksi oleh sel bernama "melanocytes". nama lain dari Pigmen adalah Melanin.
Kebanyakan orang yang menderita Vitiligo kehilangan pigmen kulit dan menyebabkan kulitnya berwarna putih berbentuk bercak-bercak. Vitiligo dapat dirawat namun tidak dapat disembuhkan. Anda harus menjaga ketidak seimbangan pigmen ini selama anda hidup.
vitiligo sendiri tidaklah menular dan tidak berbahaya dan tidak menyebabkan rasa sakit.


http://www.healthline.com/hlcmsresource/images/topic_centers/skin-disorders/194x105_Ingrown_Nails.jpg
Penyakit cantengan adalah rasa sakit yang terjadi ketika bagian sisi dari kuku tumbuh menembus kulit. biasanya terjadi pada jempol kaki. Penyakit ini tidak berbahaya, dan biasanya bisa dirawat sendiri di rumah dengan menjaga perkembangan kuku agar tidak sampai menembus kulit. namun ketika keadaan semakin parah, bisa saja terjadi infeksi seperti tetanus dan lain lain, apalagi ketika anda menderita diabetes.
Penyebab Penyakit Cantengan antara lain adalah :

  • memotong kuku secara tidak benar
  • bentuk kuku yang tidak simetris
  • memakai sepatu yang kekecilan
  • cedera pada bagian kuku
  • postur tubuh yang kurang ideal.


Kudis
Tungau yang belapak kaki adalah menyebabkan kudis ini muncul. Gerakan dari tunggau yang dikenal Sarcoptes scabiei ini menyebabkan gatal yang luar biasa pada kulit yang terkena kudis. Anak kecil sangat mudah sekali terkena kudis, ini dikarenakan sistem imun pada anak belum terlalu kuat. Kudis sendiri biasanya ditemukan pada selah-selah jari tangan, pergelangan tangan, dan pinggang batas celana. Rasa gatal pada kulit, sering muncul dan gatal pada saat malam hari. Dan penuluran kudis biasanya dari kontak langsung dan tidak lansung, misalnya dari pakaian, handuk, atau benda yang bersifat kontak langsung.
Kudis dapat diobati dari dengan salep atau obat herlbal. Jika anda sudah sembuh dari kudis, maka sebaiknya untuk mewaspadai dan mencegah infeksi tersebut datang lagi. Kesehatan dan kebersihan lingkungan anda haurslah dijaga sebaik mungkin.



F. Daftar Pustaka
Buku biologi kelas 9 SMP


SMA N 1 SEWON
BANTUL-YOGYAKARTA
XI MIA 2, Kelompok 3:
1. Deni Indra Jaya       (20)
2. Alya Rahma Aqila (25)
3. Arina Nurjanah       (26)
4. Fahimah Al Kayyis (28)
5. Lisna Rahmawati    (29)

0 komentar:

Posting Komentar